Seandainya Kita Tidak Pernah Berbuat Salah

Ibnu Jabir mengatakan, telah menceritakan kepadaku Yunus ibnu Abdul A’la, telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, telah menceritakan kepadaku Huyay Ibnu Abdullah, dari Abu Abdur Rahman Al Habli, dari Abdullah ibnu Amr ibnu As, bahwa ia telah mengatakan ketika diturunkan firman-Nya :
“Apabila Bumi diguncangkan dengan guncangannya.”
Saat ibnu Abu Bakar As-siddiq sedang duduk, lalu ia menangis, maka Rasulullah Saw bertanya kepadanya, “Apakah yang membuatmu menangis, hai Abu Bakar ?’ Maka Abu Bakar menjawab, “Surat inilah yang membuatku menangis.” Rasulullah bersabda :

“Seandainya kalian tidak pernah berbuat kesalahan dan dosa sehingga Allah tidak perlu memberikan ampunan bagi kalian, tentulah Dia akan menciptakan umat yang berbuat kesalahan dan melakukan perbuatan dosa, lalu  Dia memberikan ampunan bagi mereka.”

Segitunya ya. Iya segitunya. Segitunya Allah menyukai mengampuni hamba-Nya.. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi kita untuk bersegera meminta ampun kepada Allah.. Walaupun kita merasa dosa terus saja menggunung, merasa seringkali kita jatuh pada kesalahan yang sama (loh kayak lagu), sampai-sampai kok rasanya malu keapa diri tidak kunjung berubah menjadi baik (ngomongin diri sendiri yes mi) , tapi jangan putus asa untuk mendapatkan rahmat-Nya.. Kalo kata Ust Hannan sih, Jangan samakan Allah kayak makhluk ! Makhluk bakal capek kalo kita minta maaf untuk kesalahan yang banyak dan terus menerus.. Tapi Allah engga !

Allah sangat senang dengan hambanya yang bertaubat dan mensucikan diri..

Tapi jangan tertipu oleh logika “ yaudah sih gw berdosa gapapa selow nanti gampang bisa bertobat” OH NO ! Umur ga ada yang tau.. kalo ketika kita sedang melakukan dosa tiba2 ajal datang bagaimana ? Dan…

Innahuu ’aliimunbidzaatissuduur

Allah Maha mengetahui isi Hati”. Allah Maha Tahu hati mana yang sungguh2 ingin bertaubat kepada-Nya mana yang ala kadarnya (takut juga saya ketika ngetik ini)..
Dari yang sangat berharap digolongkan kepada orang-orang yang bertaubat dan mensucikan diri ,
Jum’at sore, waktu segala doa diijabah.

Komentar